Jumat, 20 Juli 2012

Mematikan Mesin Motor di BangJo

  
          Kemacetan makin menjadi-jadi, dan waktu berhenti di lampu merah pun makin lama. Hal ini membuat    pengendara motor banyak yang mematikan kendaraannya ketika menunggu lampu lalu lintas kembali hijau.

          "Saya matiin mesin motor biar ngirit bensin mas. Kan kadang ada lampu merah yang ijonya lama banget, bisa hitungannya 300 detik. Daripada motor nyala, banyak asapnya juga ya sudah kita matiin aja mesinnya," tutur Dicky seorang pengendara motor sport kepada detikOto.


           Sebenarnya aman tidak ya bagi motor yang tidak menganut teknologi start-stop untuk mematikan motornya sementara di lampu merah? Langsung saja kita tanya yang berwenang.

           "Memang untuk mesin motor tidak berpengaruh. Tetapi ini bisa menjadi efek jangka panjang, lama kelamaan mesin juga bisa menjadi rusak. Karena motor harus hidup lalu mati berulang-ulang dalam waktu yang singkat," ujar Kosworo, Chief Mechanic Yamaha Berkah Abi kepada detikOto.

            Kepala mekanik dari diler motor Yamaha yang berada di jalan Raya Condet Jakarta Timur ini juga mengatakan, bahwa dinamo starter lah yang paling kena dampak awal.

            "Akibat sering mematikan dan menghidupkan selama lampu merah yang paling terkena dampak yaitu Dinamo Starter dan kunci kontak tentunya," tambahnya.

            Hal ini juga diperkuat dengan pernyataan Wahidin (38) Kepala Mekanik Honda Adam Motor yang berada di Jalan TB. Simatupang.

            "Yang paling terkena dampak adalah motor starter dan aki. Terlebih lagi sekarang di jalan Jakarta para pengendara sepeda motor roda dua harus menyalakan lampu di siang hari, selain itu kalau pengendara mematikan kendaraannya dalam posisi gigi masuk, ini membuat motor starter bekerja lebih besar," katanya.

            Wahidin menuturkan motor dengan transmisi otomatis juga akan lebih tersiksa jika dimatikan mesinnya kemudian langsung dipacu kencang begitu lampu menyala hijau.

           "Terlebih lagi kalau motor matik, ini bisa membuat transmisi dan V Belt lebih cepat haus dan membuat motor lebih boros karena putaran gas langsung terbuka lebar, karena motor saat baru menyala langsung dibawa untuk berkendara," ujarnya.

Terus enaknya pas di berhenti di lampu merah bagaimana? Ini dia triknya

1. Lebih baik menunggu tidak perlu mematikan mesin. Kecuali dalam keadaan macet parah yang membutuhkan waktu berjam-jam, karena kalau seperti ini motor bisa overheat.
2. Kalau lampu merah tetap menyalakan kendaraan dalam keadaan netral.
3. Kalau memang sangat terpaksa harus mematikan kendaraan, lihat terlebih dahulu berapa lama lampu merah itu menyala, karena untuk dinamo starter bisa dihidupkan kembali setelah mati itu, minimal 20 detik.
:matabelo:matabelo


          Bahasan diatas bener adanya, Namun semua itu piLihan masih ditangan agan, karena menurut yang ane tahu (CMIIW) kaLo kita matiin mesin motor Logika keuntungannya adaLah:
1. Mesin adem, ini khusus buat motor yang mesinnya pake pendingin udara. Gak berLaku buat yang udah ada radiatornya.
2. Mengurangi emisi gas buang. mayan gan, kaLo semua motor keLakuannya kaya kite dijamin makin adem ni bumi
3. Yang terakhir namun merupakan aLasan paLing mujarab yakni HEMAT BENGSIN.

tapi ane ada tips yang seLaLu ane Lakuin buat shogun SP ane
1. Saat Lampu merah usahakan gigi netraL.
2. KaLo Lampu merah Lebih dari 100 siLahkan matikan mesin motor, dan nyaLain seteLah detik ke 13. Gak tau kenapa detik ini menjadi awaL ane nyaLain mesin, tapi udah ane coba berkaLi-kali kaLo >13 masih nunggu mayan Lama buat ijo, tapi kaLo <13 kita bakaL gedandhapan karena kemepeten.
3. Masukkan gigi1 saat detik 5. ALasan sama kaya diatas.

Yang ini tips buat mengatasi masaLah yang timbuL dari masaLah seperti yang dibiLang daLam artikeL diatas, sekaLi Lagi ini opini pribadi mohon koreksi kaLo saLah
1. Aki: Rajin2 cek aki, buat yang type basah jangan ampe airnya kurang, kaLo kurang diisi sampai batas max. SeLain itu menurut pengaLaman konektor aki suka berkarat dan berkerak putih. Buat ngiLangin tu kerak putih cukup siram tu kerak pake air panas, dijamin Langsung Luntur, trus buat katat bisa diiLangin dengan cara diampLas.
 
          Buat yang tipe kering ato orang buLe biLang MF paLing enak, karena ni aki bener2 gak perLu perawatan, kaLo tewas ganti aja. Ane udah coba ngecas uLang ni aki, coz katanya orang bengkeL kaLo mati bisa di cas, tapi ternyata efeknya cuma temporary, paLing 1-2hari mati Lagi. Jadi kaLo aki MF mati=ganti (CMIIW).
Berdasar pengaLaman ni aki akan koit di tahun ke-3.
2. Dinamo stater: KaLo dinamo stater tewas ato Lemah bawa aja ke bengkeL ato tukang dinamo, paLing kena 25rb. Biasane yang diganti tu arang/brush.
3. Kontak: KaLo ini gampang, tinggaL tiap buLan ente semprot tu Lobang konci ama chain Lube biar puterane Lancar, kaLo tewas juga tinggaL bongkar trus dibersihin pake penetran, kaLopun mpe koit tinggaL ganti aja ama kunci dingdong yang cuma 30-50rb.
SeLain itu untuk meminimaLisir masaLah diatas bisa matikan mesin Lewat engine cut off. Buat yang gak ada bisa dibikinke ke bengkeL, biLang aja minta dibikinke engine cut off/engine stop, biaya sekitar 30-50rb.

Demikian tips dari jasimoen, sekali Lagi merupakan opini pribadi dari awam pecinta motor, mohon koreksinya
Terima Kasih

1 komentar:

BerkomentarLah dengan bijak dan santun