Selasa, 03 Juli 2012

Just Jasimoen: Lahir sampai SD PERIKANAN

          IniLah coretan, maksudnya, ketikan seorang mahasiswa tingkat akhir yang beLum dapat ijasah sarjananya namun sudah ijabsah di depan waLi, 2 orang saksi dan penghuLu dari KUA.

          ALkisah 24 tahun dari tahun 2012 yang LaLu di Di kadipaten yang sama dimana pahLawan emansipasi wanita kita diLahirkan. LahirLah seorang bayi imut tanpa dosa dari pasangan Guru yang mengajar di kota yang terkenaL dengan hasiL ukirnya itu.


         Singkat cerita (karena gak tau duLu keciLnya gimana)  sang anak bersekoLah yang akrab disebut dengan SD "PERIKANAN" ,yang anehnya sampai sekarang gak ada yang namanya perikiri :hammer . Di sekoLah "PERIKANAN" ituLah dia menimba iLmu dari sumur sedaLam 6 tingkatan (???).

            AwaL muLa kisah SD "PERIKANAN" dimuLai dari pendaftaran. Dimana saat itu sang Ayah dengan anaknya datang ke rumah dinas SD, dimana disana tinggaL Guru keLas satu yang menjadi bagian pendaftaran. Dengan menunjukkan akte Lahir sang anak didaftarkan untuk menjadi siswa di SD tersebut. Sang guru mencatat nama, orang tua waL dan tanggaL Lahir. DisiniLah masaLah muncuL, karena sang guru meniLai tanggaL Lahir sang anak yang begitu aneh, yakni tanggaL yang hanya ada di tahun kabisat. Hayoo, yang sekoLahnya rajin pasti tau. kembaLi ke keyboard.. waktu itu sang guru keLas I yang mengurusi bagian pendaftaran tidak terima dengan apa yang dituLis di akte keLahiran dan Lebih percaya dengan keyakinan dan kaLender tahun 1994 yang ada di ruang tamunya saat itu. Karena sang Ayah orang yang cinta damai, dan maLas mengurusi orang pinter yang suka ngeyeL, maka jadiLah tanggaL Lahir si anak maju satu hari di buku induk sekoLah terebut.

            Di SekoLah sang anak seLaLu berjuang dengan susahnya bangun pagi, tuLisan yang katanya kegedean, kucing-kucingan dengan guru kaLau mau jajan diLuar. Yaa,. iniLah aneh dan Lucunya di SD ini waktu itu, terutama ketika keLas I. Jadi, anak-anak keLas I di SD itu diwajibkan untuk jajan ke Kantin yang notabene kepunyaan Guru keLas I di sekoLah tersebut, padahaL disana menunya cuma bakso tahu saja. Namanya anak-anak pengennya bervariasi dong, jadiLah sekumpuLan anak bandeL yang seLaLu jajan diLuar, trus kaLo ketahuan, saat jam anank-anak yang jajan diLuar disetrap, hahaha... guru yang aneh.

          SeLain Larangan jajan diLuar yang membuat sang anak sering disetrap masih ada satu Lagi masaLah yang seLaLu membuatnya berurusan dengan sang guru tercinta, yaitu masaLah tuLisan. Dimana tuLisannya satu huruf bisa menghabiskan 2 baris buku. HaL ini seLaLu membuat sang Guru marah dan meminta agar mengeciLkan tuLisannya.

          Jajan udah, tuLisan udah, apa Lagi yaa??? Oya.. SeLain Larangan jajan diLuar dan tuLisan yang guedhe-gedhe sang anak mempunyai masaLah kLasik yang sampai dewasa sekarang ini  kadang masih terbawa, yaitu susahnya bangun pagi, gak tau kenapa haL itu bisa terjadi?? Ada yang bisa bantu???
           
          Meskipun berbagai keganjiLan dan keanehan diaLami di saat keLas I SD "PERIKANAN" itu, namun banyak haL baru yang yang ditemuinya, terutama bertambahnya teman. Sekarang teman gak cuma antar RT saja, tapi sudah antar RW, yang kedua tentu saja pengaLaman diajar oLeh sang Guru dengan niLai-niLai yang sampai sekarangpun masih terpakai.
           
           ItuLah bagian keciL dari kisah seorang bocah, apabiLa ada kesamaan nama, tempat, dan kejadian itu merupakan haL yang disengaja dan berdasarkan fakta. Mohon maaf bia ada saLah kata yang diketik, dan mohon kritikan yang membangun dari anda semua.
            wassaLam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BerkomentarLah dengan bijak dan santun