Sabtu, 17 November 2012

Tips Aman Bertransaksi JuaL_BeLi On_Line

            SeteLah menuLis berita basi tentang tertipunya jasimoen di dunia onLine kaLi ini jasimoen akan berbagi sedikit tips bagaimana agar kita terhindar dari penipu di dunia maya. Seperti yang jasimoen katakan sebeLumnya, meskipun pernah (beruLang kaLi) tertipu, namun jasimoen tidak Lantas menghindari transaksi di dunia maya karena iniLah dunia jasimoen, yaitu dunia JuaL_BeLi On_Line. ALasan utama tentu karena jasimoen adaLah seorang seLLer di rimba maya. Dagangan jasimoen bisa ditengok disini, disitu, dan disana.
Yang namanya seLLer pasti butuh produk dari para distributor, maka dari itu jasimoen juga perLu beLanja, untungLah dari berbagai pengaLaman, sekarang jasimoen bisa menemukan distributor yang dapat dipercaya meskipun kita tidak pernah saLing jumpa. SeLain seLLer kadang jasimoen juga sering beLanja On_Line karena banyak haL yang bisa kita temukan di dunia maya daripada di dunia nyata.

            Ok, seteLah curcoL mari kita Langsung kembaLi ke topik bagaimana agar kita terhindar dari dari penipuan ketika berbeLanja di dunia maya ini, berikut uLasannya: (kayak baca koran).
  1. Cari info sebanyak mungkin tentang penjuaL, seperti No. HP, aLamat, de eL eL. Terutama no. HP, karena cukup dengan mengetikkan no. HP di googLe anda bisa tahu history juaLan seLLer.
  2. Masih berhubungan dengan diatas, dari hasiL pencarian dari googLe anda buka satu persatu hasiL pencarian tersebut untuk meLihat history dagangan sang penjual, biasanya dari Lapak sang penjuaL akan ada histori transaksi, reputasi dan update dari penjuaL. BerbekaL dengan haL tersebut anda bisa menyimpuLkan apakah penjuaL orang baru, orang Lama, atau orang yang nyaru. CariLah penjuaL yang sudah Lama bekecimpung di dunia maya, mempunyai reputasi bagus, de eL eL.
  3. Jangan tertipu harga yang terLaLu murah, apaLagi ditambah gratis ongkir. Biasanya ini diLakukan oLeh penjuaL yang memang niat nipu, atau penjual jujur tapi barangnya paLsu / KW / OC / apaLah, karena sekarang sebutan untuk barang paLsu sangat banyak
  4. Jangan transfer Langsung jika 3 haL di atas tidak sepenuhnya terpenuhi, karena kemungkinan anda tertipu semakin besar, gunakanLah jasa rekening bersama, piLihLah rekening bersama yang terpercaya.
  5. Sebisa mungkin cariLah penjuaL yang satu kota dan bisa ketemuan Langsung  / COD(cash On DeLivery/ uang saat pengantaran). Karena dengan begitu meskipun anda carinya penjuaL dari dunia maya, namun anda dapat ketemu Langsung dengan penjuaLnya dan cek Langsung barangnya.
            5 haL di atas adaLah yang jasimoen Lakukan saat mau membeLi sesuatu didunia maya, memang dunia maya itu penuh resiko, semuanya kembaLi kepada anda bagaimana menyikapinya. SeLain tips untuk pembeLi saya juga ada tips untuk penjuaL di ranah maya. Masa mau juaL kok ditipu??? Oow, jangan saLah... Justru sekaranga ini yang sedang marak di dunia maya, yaitu pembeLinya yang nipu. Ini saLah satu bukti yangmana jasimoen hampir kena. di KoPas dari catatan FB jasimoen


Bagi penjuaL di dunia maya, wajib baca !!!

oleh Jasimoen Soemarmo pada 7 Juni 2012 pukul 21:21 ·

ALhamduLiLLah...
Ane ampir aja ketipu, terima kasih buat trit agan ID KAsKus lieshabibah.
Pertama, ane dapet ismaiL dari tokobagus:

hello, i am Dimas. is this item available in good condition?? reply me to my email: dimas.hayor@yahoo.com as soon as possible.. Thanks

ane jawab >> its brand new on the box

LaLu die jawab yang katanya via BB:

How are you doing? my name is Dimas Antares,i am
native of Surabaya but i school and grow up in United Kigdom..i am now
working in Hayor Steel COmpany in UK. i came to Indonesia last two month to
collect my KTP. i want to buy your item for my boss kid schooling in
Nigeria. but i dont have anybody in Indonesia to help me buy it....can you
help me to send it to my boss kid? if so, i will be paying to your account
through Bank to Bank transfer,so get back to me with the total cost+the
shipment through international post like DHL or EMS speed post (3days) to
my boss kid.

Name of Bank Account Owner:
Name Of Bank:
Bank Branch:
Account Number:
Price+shipment to Nigeria:
Item Name:
Your Email:
Your Contact Number:

this is my boss kid address you will send to

NAME---------------Paul Okunlola
ADDRESS------------No11, Ologun-Eru Estate
CITY---------------Ibadan         
STATE--------------Oyo State
COUNTRY------------Nigeria
ZIP CODE-----------23402
CONTACT NO---------07033454713

reply me soon

Dimas

Masih banyak percakapan ane ama si Dimas. Yang intinya
1. Dia minta cek ongkir via DHL/EMS. Dan habisLah puLsa 7raba buat teLfon mbaknya di EMS buat tanya2 prosedur pengiriman ke Luar negeri.
2. keLar ane tau harga kirim ane kasih tahu tu dimas :maho harga+ongkir
3 Doi setuja dan pengen transaksi via escrow service. Ane minta detiL escrow service yang dia pake dia gak kasih, ane minta web aja gak dikasih.
4. Ane nyaranin pake InaPay, tapi dia gak gubris dan mastiin ane. BeLakangan ane baru tahu kaLo InaPay gak bisa transaksi interLokaL :malu
5. Dan aLhamduLiLLah ane nemu ini trit dari mbah gugLe. Gak jadi ketipu dah ane.


Ne IsmaiLnya
dimas.hayor@yahoo.com

KTPne penipu



            Dari tulisan diatas dapat disimpuLkan bahwa penipu berkedok berada di Luar negeri dan memaksa kita untuk bertransaksi meLaLui rekening bersama yang sebenarnya adaLah rekening dia sendiri.
            SeLain cara diatas adaLah pembeLi yang tampak serius dan berLagak dia teLah mentransfer Langsung uang ke rekening anda, namun saat anda cek uang itu tidak ada, trus meLaLui teLefon anda diminta u/ cek ke ATM dengan berbagai aLasan. Saat di ATM dan anda mengatakan uang beLum masuk maka si pembeLi penipu akan Langsung meneLfon anda dan membimbing anda, saat itu anda tidak sadar teLah menguras rekening anda sendiri untuk si pembeLi penipu.
 
             IniLah dunia, apapun bisa terjadi. Dan seLaLu waspada adaLah kuncinya, namun jangan Lupa untuk tetap santun, karena namanya manusia juga bisa saLah tafsir. SeLain tuLisan jasimoen diatas masih banyak modeL penipuan yang Lain, karena yang namanya maLing seLaLu seLangkah di depan daripada kita. Mungkin teman-teman yang Lain masih ada tips yang Lain untuk dibagikan siLahkan tulis di koLom komentar. Nanti akan kita posting di bLog jasimoen. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BerkomentarLah dengan bijak dan santun